ASSALAMUALAIKUM

ASSALAMUALAIKUM-SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Rabu, 15 September 2010

Syekh Abdul Qodir Jailani (Mankobah 5)

Pakaian Syekh Abdul Qodir yaitu jubah dari bulu domba yang kasar, di kepala beliau dililitkan sehelai kain. Dikala beliau berjalan walaupun jalan yang dilaluinya banyak durinya jarang beralas kaki, tidak memakai terompah apalagi bersepatu.
Makanannya cukup hanya makan buah-buahan dan dedaunan. Dan kebiasaan beliau, tidak tidur dan tidak minum air kecuali hanya sedikit saja, dan pernah dalam waktu yang lama beliau tidak makan, kemudian beliau berjumpa dengan seseorang yang memberikan sebuah pundi-pundi berisikan sejumlah uang dirham. Sebagai pemberian hormat kepada pemberinya, beliau mengambil sebagian uang tadi untuk memberli roti dan bubur, kemudian duduklah beliau untuk memakannya.
Tiba-tiba ada sepucuk surat yang tertulis demikian : Innama juilatissyahawaa-tu lidu’afai ‘iibadii liyasta’innu biha’alat-thoati wa ammal aqwiya fama lahumus-syahawatu (Sesungguhnya syahwat itu adalah untuk hamba-hamba-Ku yang lemah, untuk menunjang berbuat taat. Adapun orang-orang yang kuat itu seharusnya tidak punya syahwat keinginan).
Maka setelah membaca surat tersebut beliau tidak jadi makan. Kemudian beliau mengambil sapu tangannya, terus meninggalkan makan roti dan bubur tadi. Lalu beliau menghadap kiblat serta sholat dua rokaat. Setelah sholat, beliau mengerti bahwa dirinya masih diberi pertolongan oleh Allah SWT dan hal itu merupakan ujian bagi beliau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar