ASSALAMUALAIKUM

ASSALAMUALAIKUM-SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Rabu, 15 September 2010

Syekh Abdul Qodir Jailani (Mankobah 2)

Sayid Abu Muhammad Abdul Qodir Jailani dilahirkan di Naif Jailani Irak pada tanggal satu bulan ramadhan tahun 470 Hijriah, bertepatan dengan tahun 1077 Masehi.
Beliau wafat pada tanggal 11 Rabiul Akhir tahun 561 Hijriah bertepatan dengan 1166 Masehi, pada usia 91 tahun. Beliau dikebumikan di Baghdad, Irak.
Pada malam beliau dilahirkan ada lima karomah (kemuliaan) :
    1.     Ayah Syekh Abdul Qodir Jailani yaitu Abi Sholih Musa Janaki, pada malam hari bermimpi dikunjungi Rosulullah SAW,  diiringi para sahabat dan Imam Mujtahidin serta para wali. Rosulullah bersabda kepada Abi Sholih Musa Janaki :”Wahai Abu Sholih kamu akan diberi putra oleh Allah. Putramu bakal mendapat pangkat kedudukan yang tinggi di atas pangkat kewalian sebagaimana pangkat kedudukanku di atas pangkat kenabian. Dan anakmu itu termasuk anakku juga, kesayangaku dan kesayangan Allah.
    2.     Setelah kunjungan Rosululloh SAW para Nabi datang menghibur ayah Syekh Abdul Qodir : “Nanti kamu akan mempunyai putra, dan akan menjadi sulton auliya, seluruh wali selain Imam Maksum, semuanya di bawah pimpinan putramu”.
    3.     Syekh Abdul Qodir Jailani sejak dilahirkan pada siang hari bulan puasa menolak untuk menyusu, baru menyusu setelah waktu bulan puasa.
    4.     Di belakang pundak Syekh Abdul Qodir tampak telapak kaki Rosululloh SAW, di kala pundaknya dijadikan tangga untuk diinjak waktu Rosululloh akan menunggang buroq pada malam Mi’raj.
Pada malam dilahirkan, Syekh Abdul Qodir diliputi cahaya sehingga tidak ada seorang pun yang mampu melihatnya. Sedang usia ibunya waktu melahirkan berusia enam puluh tahun, ini juga sesuatu hal yang luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar